Awas, Seks Bukan Untuk Iseng-iseng

Dalam catatan saya kali ini, saya akan menulis tentang "Awas, Seks Bukan Untuk Iseng-iseng".
Berbagai penyakit seks kian meningkat meski masih saja banyak orang melakukan seks bebas alias seks di luar nikah. Kalau ingin aman, sebaiknya pelajari dulu seks itu sendiri. Menurut pakar seks di AS, seks yang aman akan membantu melindungi diri dari PMS dan HIV/AIDS. Seks aman berarti melakukan hubungan seks yang bertanggung jawab. Lakukann hubungan seks yang aman, jika tidak, akibatnya bisa berbahaya.[]

Untuk memahami lebih jelasnya, para pakar seks menawarkan sebuah buku bertajuk “Guide for Family Health yang ditulis dr. Miriam Stoppard. Apa bentuk seks aman tersebut? Berikut di antaranya:

1. Gunakan pengaman seperti kondom

Agar terlindung dari penyakit seks, sebaiknya menggunakan kondom dan memahami cara menggunakannya secara baik dan jangan menggunakan kondom yang sudah kadaluwarsa.

2. Lindungi hak

Melindungi seks yang aman adalah hak Anda. Jika pasangan enggan melakukannya, itu tandanya ia tidak peduli terhadap Anda dan hubungan Anda perlu dipertanyakan. Jika pasangan menolak memakai kondom, pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan. Jika ia tidak bertanggung jawab, maka ia akan membahayakan Anda.

3. Dapat Mencegah Kehamilan

Meski kondom digunakan untuk hubungan seks yang aman, jangan hanya bergantung pada kondom untuk mencegah kehamilan. Sperma dapat merembes jika tidak memakai kondom dengan benar, atau jika kondom tersebut sudah kadaluwarsa. Sebaiknya juga meminum pil kontrasepsi.

4. Cari Pertolongan

Dokter, klinik, yayasan AIDS atau pusat konseling akan senang hati memberi informasi mengenai kondom. Kondom tersedia dalam berbagai tipe, dan ada pula kondom yang dirancang agar hubungan seks semakin nikmat!.

5. Berlatih dulu

Pastikan memakai kondom dengan benar.

6. Yakinkan diri

Yakinkan diri untuk terhindar dari resiko kesehatan di antara pasangan.

7. Bersikap Jujur

Beri tahu pasangan tentang infeksi kronis yang kemungkinan Anda sedang derita seperti herpes.

8. Sekali Pakai

Jangan menggunakan kondom lebih dari satu kali.

9. Bukan untuk Iseng-iseng

Seks bukan permainan. Jangan berhubungan seks sembarang atau sebaiknya dengan pasangan dan dilakukan setelah menikah. []

No comments:

Post a Comment