HJ-split
Freeware multi-platform file splitters

Tampilan HJ-split for Windows (hjsplit.org)
HJSplit is a popular freeware program to split and recombine files. The program is available on Windows, Linux and a variety of other platforms.

Why should one want to split and recombine files? For instance, think of a file of 50 Mb, and try to send it to a friend, post it in a newsgroup or upload it to a Website or FTP server. It is usually easier to send/receive, upload/download smaller parts than handle the entire file in one go.

HJSplit can also be useful for backups. A file of e.g. 10 gigabytes in size can be split into smaller parts which then can be burned to CD's, DVDs, copied to USB sticks or uploaded to an online backup service.

HJSplit for Windows and Linux support file sizes of over 100 Gigabytes, MD5 checksums, file-compare, "run without install" and both editions are fully portable.

For Indonesian:
HJ-Splitadalah sebuah program untuk memecah suatu file yang berukuran besar menjadi file-file berukuran kecil atau menggabungkan file-file kecil tersebut dalam waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan program yang lain.
Kita bisa saja menggunakan winrar, zip split, dan aplikasi splitter yang lain. Emang setiap program ada kelebihan dan ada kekurangannya. Nah, untuk HJ-split lebih optimal dan cepat jika kita hanya membutuhkan aplikasi untuk splitter. Selain itu, tampilan/interfacenya lebih simple sehingga mudah dijalankan.

Tampilan interface HJ-split yang simple (softonic.com)

Program ini, menurut saya sangat berguna jika kita mau upload video/movie, gambar, game, arsip, atau file-file lain yang berukuran besar. Tinggal di-split, maka file berukuran besar akan terpecah menjadi file-file berukuran kecil. Nah, dengan demikian upload jadi gampang, bukan. Tentu saja, jika kita mau menggabungkannya kembali, maka kita juga harus pake HJ-split.

Proses Splitting (memecah file)
Jika Anda mempunyai file bernama FILEKU.EXE, maka file tersebut akan terpecah menjadi FILEKU.EXE.001, FILEKU.EXE.002, FILEKU.EXE.003, ..... dst. Berikut Tampilan saat splitting...
Proses splitting - memecah 1 file menjadi beberapa file (softonic.com)

Proses Joining (menggabung file)
Joining hanya bisa dilakukan jika file yang ingin digabungkan itu merupakan hasil splittingnya HJ-Split sendiri. Nah, letakkan semua file yang terpecah dalam satu folder. Jalankan aplikasi HJ-split. Untuk menggabungkannya, cukup masukkan file pertama, misalnya FILE.EXE.001. Karena file lanjutannya akan ditemukan secara otomatis (asalkan dalam folder yang sama).

Proses join/menggabungkan beberapa files (softonic.com)

Untuk mendownload program ini, Anda bisa menggunjungi http://hjsplit.en.softonic.com/

No comments:

Post a Comment