Agar Windows XP support AHCI seperti Windows Vista dan Windows 7

Agar Windows XP support AHCI seperti Windows Vista dan Windows 7, hmmm bagus gak ya judulnya??/ he3x. Terserahlah.. Yang penting bisa nulis uneg-uneg yang terpendam, he3x.
 Lihat gambar ini...

Gambar secuil driver bawaan laptop AC*R 4736 untuk AHCI Driver
Sebelumnya tahukah Anda AHCI?? Kenapa saya menyebutkan judul seperti di atas? Hal ini diilhami dari pengalaman saya saat mau nginstal driver ke laptop saya (AC*R). salah satu list driver yang aneh dan tidak saya mengerti membuat saya penasaran, yaitu intel Matrix Storage Manager.
Setelah Googling kesana kemari, saya mendapatkan jawabannya. Intel Matrix Storage Manager merupakan driver AHCI. Driver AHCI yang ada dalam CD tersebut khusus untuk laptop saya AC*r 4736. Tapi, mungkin juga bisa asal se-merek.

Dalam sebuah laptop, atau mungkin PC, ada setinggan untuk Harddisk. Yang saya tahu. ada IDE dan AHCI. IDE merupakan teknologi lama, dan biasanya pada harddisk type ATA. Sedangkan AHCI adalah teknologi baru dan ada pada tipenya Harddisk SATA. Perbedaannya, AHCI transfer datanya lebih cepat daripada IDE. Hmmm, gak kepengen ke AHCI ta?? Rugi lho, klu punya laptop/PC canggih tapi masih menggunakan IDE.
Umumnya, Windows XP normal tidak support setingan AHCI, So, Kita harus mengubah setinggan AHCI menjadi IDE agar laptop/PC bisa diinstal Windows XP.
Mungkin sedikit penjelasan mengenai AHCI dan IDE disini.

Sesuai dengan judul, maka saya akan bahas mengenai cara agar windows XP support AHCI. Suatu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menginjeksikan driver SATA Controller atau disebut driver AHCI-SATA saja, ke dalam instalasi Windows XP normal. Istilah ini biasanya disebut dengan Slipstreaming. Tapi, istilah Slipstream lebih sekedar injeksi, tapi memanipulasi, mempatch, dsb.
Setelah slipstreaming, maka saya menyebut karya hasilnya sebagai Instalasi Windows XP modif. Instalasi Windows XP modif inilah yang akan kita buat.

Saya menulis ini berdasarkan pengalaman saya dengan laptop AC*R 4736 saya.
pertama-tama, Anda harus punya driver SATA CONTROLLERnya. Tiap merek, jelas sangat berbeda-beda. Dulu, saya pernah coba driver AHCI untuk Acer yang saya download dari internet. Sebenarnya sih support, tapi setelah beberapa minggu saya gunakan, tiba-tiba timbul Blue screen. Tahu kan? itu lho layar biru yang gak bisa diganggu gugat,he3x..kita mau tidak mau harus restart komputer. hal ini sering kejadian jika aku membuka aplikasi tertentu.
Kemungkinan salah satu sebabnya adlaah tidak kompatibelnya driver. saya mengira gara-gara panas, tapi saya googling di mbah google. Ternyata, tidak cocoknya driver AHCI bisa membuat bluescreen, audiens.

Proses slipstreaming ini agak ruwet, ribet, dan sangat berbahaya jika salah. So, you must be carefull, ok.. Untuk pre-syaratnya: kita butuh SATA controller driver AHCI dan tool Nlite. Ohya, sampe lupa, nLite ini butuh adanya NetFramework 2.0 atau diatasnya.

1. Proses ini diawali dengan meng-copy isi satu CD Windows XP ke dalam 1 folder khusus di harddisk local bisa di D, C, E dll,
2. Instal .Netframwork 2.0
3. intal Nlite, dan jalankan, Klik Next.
Masukkan folder dimana Anda mengkopi XP instalasi nya. maka akan muncul nama dan versinya. Klik Next, jika ada preset di-skip aja.



4. truz pilih Driver dan ISO BOOTABLE.
Display Task Selection nLite

5. Truz Next, pada menu Drivers, pilih Insert kemudian Single Driver, setelah itu pilih folder dimana anda mengekstrak file Driver SATA AHCI. Pilih iaAHCI.inf. Setelah keluar Window Driver Integration Options, Pilih Textmode Driver, kemudian pilih semua driver yang ada (tahan shift/ctrl+a). Tekan OK. Setelah kembali ke menu Drivers, tekan next.

Tampilan Insert Driver AHCI
Jika sudah klik Next, maka nLite akan memproses instalasi baru Anda.




 

Setelah diinsert model TEXT MODE


















Selanjutnya klik next.


Sekarang tinggal Proses Burning:
Pada menu Bootable ISO, pilih Direct Burn jika ingin langsung membakar di CD, atau image Burn jika ingin disimpan di hardisk sebagai image files: ISO yang bisa diburning kapan-kapan , he3x. Jika Anda memilih direct burn, maka pada Device pilihlah CD-RW Drive anda. Pada Label, beri label untuk nama CD anda. Pada Burn Speed, disarankan untuk memilih kecepatan menengah sampai rendah dari Drive anda. Centang pada opsi Verify untuk mengechek hasil burning Anda bagus atau tidak. Tekan Burn.


Akhirnya jadi deh "Windows Instalasion khusus Ac*r 4736 AHCI supported",,,He3x :D

Saya jadi lega bisa membuatnya untuk pertama kali, setelah itu saya langsung mengubah kembali setingan BIOS, dari IDE menjadi AHCI di bagisn Harddisk. langsung instal ulang. Saya sangat puas dengan performa XP sekarang yang saya miliki.

bagi sahabat blogger, selamat mencoba mengadakan ritual slipstreaming Driver AHCI ke windows XP, good luck... :D

Download:Driver AHCI for Ac*r 4736. Bagi pengguna Acer bukan se-tipe boleh dicoba, nanti jika saat nginstal timbul blue-screen, berarti gak cocok, dan Anda harus cari driver yang lain.
Biasanya untuk Acer, di CD bawaan sudah ada driver AHCI yang saya bilang di atas.
Download: nlite

Download .netframework 2.0

Akhir kata: Semoga Sukses, dan saya tidak bertanggung jawab dengan resiko kesalahan menginstall driver di PC Anda. 
Tolong berhati-hati dalam menginstall. he3x.. 

1 comment:

  1. Please help me !!
    Bagaimana cara install XP dengan Motherboad GA-H55M-S2 .. ?
    seting BIOS udh saya set IDE ..

    Trims ..

    ReplyDelete