Betapa Pentingnya Mengenal Kimia

berguling di lantai Setiap hari kita tidak lepas dari bahan yang berbau kimia. Mau makan, mau mandi, mau masak, dan lain-lain semuanya butuh zat kimia. Bahkan tubuh kita sendiri merupakan susunan dari milyaran zat kimia baik yang berupa padatan, gas, maupun cairan. Tanah, udara, planet, air, dan semua benda yang ada di alam semesta ini merupakan kumpulan dari zat kimia. Apakah ilmu kimia itu?

Simaklah ulasan yang berkaitan dengan kimia berikut ini.
ide cemerlangSaat kita membuat teh manis, kita secara tidak langsung telah memasukkan bahan-bahan kimia.Air dan gula merupakan contoh dari senyawa kimia.Dapatkah Anda memberi contoh-contoh zat kimia yang lain?
ide cemerlangPernahkah Anda mengamati zat-zat di dalam kulkas? Kita ambil saja contohnya: air, uap, dan es.
Menurut Anda, apakah air, uap, dan es adalah senyawa yang berbeda? Tentu saja tidaklah sama. Mengapa? Es jika dipanaskan akan berubah menjadi air, sedangkan air jika dididihkan menjadi uap. Nah, kesimpulannya ketiga zat di atas adalah senyawa yang sama.
Peristiwa lain yang sangat sering kita amati yaitu saat kita menjemur pakaian yang basah. Lama-kelamaan pakaian yang dijemur akan kering. Kemanakah perginya air yang membasahi pakaian tersebut? Anda pasti sudah tahu jawabnya.
nggak bolehPernahkah kalian digigit ular berbisa? Jangan sampai terjadi. Ular mempunyai sistem proteksi untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Siapa musuhnya, he3x?
Siapa saja bisa dianggap jadi musuhnya jika ular tersebut merasa terganggu. Ular jika terganggu akan mengeluarkan cairan bisa yang beracun dan mungkin berbahaya. Racun yang dikeluarkan oleh ular juga merupakan senyawa kimia. Kenapa kok beracun? Karena senyawa tersebut mempunyai sifat tertentu yang sedemikian rupa sehingga bisa berbisa dan membahayakan. Sama halnya dengan gula yang mempunyai sifat tertentu sehingga mempunyai rasa manis saat kita merasakannya dengan lidah kita. Bisakah kalian menyebutkan contoh-contoh zat yang lain dengan sifatnya? Pasti kalian bisa.
seranggaPernahkah Anda mengenal hidrogen peroksida? Zat ini merupakan oksidator dalam pemutihan kertas (pengelantang). Dengan rumus molekul  H2O2, zat ini tersusun dari 2 atom H (hidrogen) dan 2 atom O (oksigen). Kita bandingkan dengan molekul air, H2O, tetapi mempunyai susunan  dan jumlah atom penyusun yang berbeda. Tujuan saya membandingkan ini adalah karena senyawa kimia yang ada di bumi ini sangatlah berlimpah jenisnya. Yang saya sebutkan diatas hanya berbeda jumlah atom penyusunnya saja sudah berbeda senyawanya, bagaimana jika berbeda jenis atom-atomnya??? Sangat banyak, bukan. Selain susunan, masih ada lagi yang namanya struktur zat. Nah, ini tambah rumit lagi. Jika ada dua senyawa dengan susunan atom dengan jumlah yang sama, hal itu belum menjamin bahwa keduanya adalah zat yang sama. Bisa saja struktur berbeda. Contohnya, Karbon bisa berbentuk intan, atau grafit. Padahal mempunyai atom penyusun yang sama yaitu atom karbon.
 Selain di atas, melamun masih ada energi, perubahan, dan lain-lain.
Hal-hal yang dikupas di atas merupakan sebagian kajian yang dipelajari dalam ilmu bidang kimia.
Untuk selengkapnya akan dikupas dalam lembaran lain aja ya..he3x.
Jika ada yang berkomentar silakan, demi perbaikan posting ini.

No comments:

Post a Comment