AHCI dan IDE ???

IDE dan AHCI merupakan setingan dari harddisk. IDE terdapat pada harddisk tipe ATA dan SATA. AHCI sendiri adalah setinggan mode raid dari harddisk SATA.
Advanced Host Controller Interface (AHCI) adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi yang dibuat oleh Intel yang memasukkan operasi Serial ATA host bus adapter.
Dengan menggambarkan spesifikasi struktur memori sistem untuk vendor perangkat keras komputer agar dapat bertukar data antara system host memori dan perangkat penyimpanan data.
System AHCI ini didukung sepenuhnya oleh Windows Vista dan Linux mulai dari kernel 2.6.19 dan seterusnya, dan juga Windows 7. NetBSD juga mendukung mode AHCI pada versi tertentu. OpenBSD telah memiliki driver AHCI dimulai dari OpenBSD 4.1.DragonFlyBSD yang dasarnya juga OpenBSD juga mengimplementasi dan menambahkan fitur ACHI seperti port multiplier. FreeBSD mendukung AHCI juga.
Kesalahan penggunaan driver pada mode AHCI maupun S-ATA dapat mengakibatkan hilangnya data. Sering terjadinya Blue Screen Of Death (BSOD) dikarenakan tidak mampunya OS melakukan implementasi data input maupun output kedalam perangkat keras yang menggunakan mode S-ATA maupun mode ACHI.
Oleh karena itu, gunakan driver AHCI yang cocok untuk motherboard(MB) laptop/PC anda.

INTERFACE HARD DISK IDE (Integrated Drive Electronics)
Standar lama yang masih ada. Murah, dan terintegrasi dengan MB merupakan alasan teknologi ini masih digunakan dalam setingan motherboard. Jumlah IDE ada 4 buah tiap MBKoneksi dengan kabel pipih 80 pininterface. Jika kita bandingkan dengan AHCI, kecepatan IDE kalah jauh dibandingkan AHCI. IDE merupakan setingan lama yang support windows XP normal. Windows XP gak normal berarti sudah dimodif he3x.

Pernahkah kalian mendengar, kalau teman, tetangga, atau mungkin sahabat kalian membeli laptop baru tapi gak bisa untuk diinstal  windows XP???
Pasti mereka mengeluh karena gak bisa pake Windows XP.
Sebenarnya laptop-laptop tersebut bukan gak kompatible dengan Windows XP, letak permasalahannya sederhana sekali cukup dengan merubah setting SATA controller di BIOS saja dari AHCI menjadi IDE atau Compability (tergantung menu dan istilah yang digunakan pada BIOS laptop bersangkutan).
Semoga saja setingan IDE masih ada. he3x. Saya tidak tahu, apakah suatu saat setingan IDE menghilang karena sudah tidak populer.he3x. :D

Sebaiknya Anda yang punya laptop atau PC, yang Mobo-nya support SATA AHCI, maka beralih aja kesitu. Daripada rugi,  rugi kecepatan rugi performa komputer. Tapi, hati-hati, dengan memakai setingan baru, maka sesuaikan juga drivernya...OK? Karena jika tidak compatible, bisa timbul bluscreen...



6 comments:

  1. jadi bgus mana AHCI sama IDE , maaf nih ane males baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakek IDE sedangkan windowsnya 7 , siap2 aje beberapa minggu bakalan sering gagal booting, blue screen terus tiap kali booting. pengalaman.

      Delete
    2. kata siapa? sok tau.
      lo aja yang tolol nginstallnya
      kurang ilmu aja asal bacot

      Delete
    3. Goblog tolol dikasih tau malah ngeyel.
      Bocah SD

      Delete
  2. postingan yang uye banget dahh gan ,,,, ;) , matur thank you, ..

    ReplyDelete