Manajemen Organisasi

Dalam catatan saya kali ini, saya akan menulis tentang "Manajemen Organisasi". Ketika saya bersih-bersih rumah, saya menemukan beberapa artikel yang saya pernah saya dapat saat kuliah dulu. Salah satu artikel tersebut adalah "Manajemen Organisasi". Artikel ini disusun oleh Mas Arrizal M.Y. Artikel ini saya dapat pada waktu diklat organisasi mahasiswa kampus. Artikel ini mungkin bermanfaat bagi kita dikala sedang menjadi pemimpin masyarakat maupun pemimpin rumah tangga, he3x. Daripada artikel ini hilang dimakan tikus dan rayap, mending saya tulis aja di sini, semoga bisa berguna. he3x.
1. Definisi Manajemen
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan human dan natural resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (prof. Oey Liang Lee).
Pendapat lain mengatakan, bahwa menajemen adalah segenap rangkaian memimpin penataan terhadap pekerjaan-pekerjaan induk dan sumber-sumber kegiatan lainnya dalam usaha bersama agar tujuan benar-benar dapat tercapai (Staf Dosen UGM).
di pihak lain mengatakan, bahwa manajemen merupakan keahlian untuk menggerakkan orang untuk melakukan pekerjaan dalam rangka tercapaianya tujuan (lawrence A. Appley).
dari ketiga definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen mungkin saja merupakan kegiatan, mungkin sebagai suatu keahlian, seni yang membutuhkan skill untuk penerapannya, dan mungkin juga sebagai ilmu yang sifatnya teoritis dan dapat dipelajari oleh setiap orang. Tetapi, juga dapat ditafsirkan sebagai "semua" yang telah disebutkan, artinya suatu kegiatan yang membutuhkan ketrampilan, bakat, dan pengetahuan teoritis yang mungkin juga dipelajari oleh semua orang asal mau menekuninya.

Prinsip-prinsip Manajemen:
1. division of work
2. authority
3. dicipline
4. unity of command
5. unity of direction
6. subordination of individual interes to general interest.
7. renumeration.
8. centralization
9. scalar chain (line of authority)
10. order
11. stability of tenure of personal

fungsi manajemen
Secara sederhana fungsi manajemen dapat diperinci ke dalam fungsi merencanakan, fungsi mengatur pelaksanaan, dan fungsi mengawasi pelaksanaan. Apabila ingin agak rinci, maka dapat berupa fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan atau planning, organizing, directing, coordinating, dan contolling.

II. definisi Organisasi

Organisasi dapat dibedakan menjadi dua,, yaitu definisi decara statis dan definisi secara dinamis. dalam arti statis, organisasi adlah kerangka atau wadahsegenap kegiatan sekelompok orang untuk mencapa tujuan tertentu. Dalam arti dinamis, organisasi adalah segenap proses kegiatan menetapkan dan membagi pekerjaan yang akan dilakukan, pembatasan wewenang, tugas dan tanggung jawab, serta penetapan hubungan antar unit-unit atau pejabat-pejabat dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Prinsip-prinsip Organisasi
Dalam membentuk organisasi hendaknya mendasarkan diri pada prinsip-prinsip atau asas-asas organisasi, sebagai berikut:
1. Perumusan tujuan dengan jelas formulation of the objective).
2. Pembagian pekerjaan/kegiatan (division of works)
3. pelimpahan wewenang (delegation of authority)
4. rentangan pengendalian (span of control)
5. tingkatan hierarki (level of hierarchy)

Hubungan antara manajemen, organisasi dan kepemimpinan

kalau diamati terlihat bahwa prinsip-prinsip manajemen sebagian juga merupakan prinsip-prinsip organisasi. Hal ini wajar karena manajemen sebagai inti dari aktivitas administrasi mempunyai wadah yang berupa organisasi. manajemen sendiri mempunyai inti yakni leadership (kepemimpinan), dab leadership berinti pada decision making. Seorang pemimppin yang mampu mengambil keputusan yang tepat, maka ia adalah leader yang baik. Sebagai leader yang baik, ia akan dapat memanage organisasi dengan efisien.
Nah, sekian artikel yang dipaparkan. Saya capek nulis. Break dulu ah....

No comments:

Post a Comment