Tentang Burung Camar

burung camar yang bertengger

Dalam catatan saya kali ini, saya akan menulis tentang "Burung Camar". Pernah mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata? Lagu itu berjudul BURUNG CAMAR. Saya pengen ngerti lebih jauh tentang burung camar. maka saya buat catatan ni. he3x.

Info yang saya dapatkan dari wikippedia sebagai berikut:

Camar (atau Burung Camar) adalah burung yang berada pada familia Laridae. Mereka masih berkerabat dengan burung dara-laut (familia Sternidae). Sampai saat ini, kebanyakan Camar berada pada genus Larus, namun baru diketahui bahwa Camar adalah polyphylla, sehingga muncul beberapa genera.

burung camar terbang

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Charadriiformes
Upaordo: Lari
Famili: Laridae

Burung Camar umumnya berukuran sedang hingga besar, dan berwarna abu-abu atau putih, kadang dengan warna kehitaman di kepala atau sayap. Mereka kadang berteriak atau menguak dengan keras. Burung ini memiliki paruh panjang yang kuat, dan kaki berselaput. Spesies Camar beragam dari Burung Camar Kecil, dengan berat 120 g (4.2 oz) dan 29 cm (11.5 inci), sampai Burung Camar Berpunggung Hitam, dengan berat 1.75 kg (3.8 lbs) dan 76 cm (30 inci).


Lirik lagu Burung Camar
Oleh Vina Panduwinata

Burung camar, tinggi melayang
Bersahutan, di balik awan
Membawa angan-anganku jauh meniti buih
Lalu hilang larut di lautan

Oh bahagia tiada terperi
Indah nian derap jiwaku
Tak kenal duka derita tak kenal nestapa
Ceria penuh pesona

Tiba-tiba 'ku tertegun lubuk hatiku tersentuh
Perahu kecil terayun nelayan tua di sana
Tiga malam bulan t'lah menghilang
Langit sepi walau tak bermega

Tiba-tiba kusadari lagu burung camar tadi
Cuma kisah sedih nada duka, hati yang terluka
Tiada teman, berbagi derita,
bahkan untuk berbagi cerita

Burung camar, tinggi melayang
bersahutan dibalik awan
Kini membawa anganku yang tadi melayang
Jatuh dia dekat di kakiku


ohya, ngomong-ngomong masalah burung camar, ternyata ada buku bercerita tentang BURUNG CAMAR JONATHAN. Saya nyasar saat googling di teroriscinta.blog.friendster.com, baca sedikit kok bagus. Akhirnya ku catat sekalian. menurut pemilik blog tersebut:"buku ini kecil, warna hitam, dan isinya cuma gambar camar. Saat itu buku bekas termahal karena harganya 40 ribu tahun 97. Sekarang, ilang gak tau dimana",itulah kata pemiliknya. he3x.
Berikut kutipan lengkap review ceritanya:
Sudah menjadi kebiasaan selama ribuan tahun bagi burung-burung camar, bahwa setiap pagi mereka selalu mencari sisa-sisa makanan dari perahu para nelayan. Ikan-ikan kecil yang tak dibawa pulang, kembali dibuang di pinggir pantai oleh para nelayan, dan itulah makanan burung camar. Sudah menjadi kebiasaan selama ribuan tahun bagi burung-burung camar, bahwa setiap pagi mereka selalu mencari sisa-sisa makanan dari perahu para nelayan. Ikan-ikan kecil yang tak dibawa pulang, kembali dibuang di pinggir pantai oleh para nelayan, dan itulah makanan burung camar.

Jonathan, salah satu dari burung-burung camar itu, memiliki perangai berbeda dengan yang lainnya. Ia tak mencari makanan, tetapi malah berlatih terbang dengan serius. Berbagai gaya dan cara dipelajarinya: lurus, belok, menukik, menghujam dsb. Pada sebuah tikungan ia terbang perlahan, mengepakkan sayap, tapi karena ragu, ia pun terjatuh.Namun ia bangkit kembali. Ia memang seekor burung camar yang luar biasa. Ibunya berkata, Anakku, engkau begitu kurus, tinggal tulang dan bulu saja. Ayahnya pun mengatakan,Musim dingin segera tiba, perahu nelayan sangat sedikit dan ikan-ikan akan lebih dalam menyelam. Yang perlu dipelajari adalah menyelam lebih dalam, untuk mendapatkan makanan. Belajar terbang memang baik, tetapi, mencari makanan itu yang penting.

(Bukankah seringkali justru rintangan/hambatan untuk maju berasal dari orang-orang terdekat? Sesungguhnya bukannya mereka berniat menghalangi, namun mereka tidak rela jika orang yang dikasihi itu menderita, meskipun untuk maju).

Jonathan mencoba menuruti nasihat ayahnya. Beberapa minggu menjadi burung camar biasa. Berebut dengan temanteman untuk mematok kepala ikan dan remah-remah roti dari para nelayan. Sayang, ia tak dapat melakukan itu lebih lama. Ia pikir, ini sia-sia, lebih baik belajar terbang. Ketika telah memecahkan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai burung camar, ia mengalami malapetaka. Ketika ia menukar sudut sayapnya, ada sesuatu memukulnya bagai dinamit. Ia terhempas dan terbanting dengan keras ke dalam laut. Ia semaput. Saat ia sadar hari sudah malam, bulan membayang, sayapnya hancur berkeping, luka terberat pada punggungnya. Dengan putus asa ia pikir, berat badannya pasti akan menenggelamkannya dan tamatlah riwatnya. Saat-saat akan tenggelam ia mendengar bisikan. Tak ada jalan lain, saya adalah seekor burung camar. Saya terbatas oleh alam. Jika saya ingin sungguh-sungguh belajar terbang, saya harus memeras otak saya. Ia kembali berpikir untuk menjadi burung camar BIASA seperti lainnya. Tapi dorongan lain muncul. Ia tetap ingin belajar terbang dan dengan ketekunannya ia menjadi seekor burung camar yang luar biasa. Ia sempat terbang dengan kecepatan tingi di hadapan teman-temannya, meski ia khawatir akan terjadi tubrukan, nyatanya tidak juga. Bahkan ia menyaksikan keberhasilan yang telah dicapainya, yang juga dilihat teman-temannya. Berbulan-bulan lamanya ia latihan terbang, dan manakala ia pulang hari telah larut. Ia ingin membagi kegembiraan dengan teman-temannya. Karena ia merasa betapa sungguh berartinya hidup ini. Daripada melakukan pekerjaan yang membosankan setiap hari, kita dapat mengangkat diri kita keluar dari
kebodohan, kita dapat membuktikan bahwa kita makhluk terunggul, terpandai, tercakap yang pernah diciptakan. Kita dapat bebas!

Tahun mendatang penuh harapan dan janji. Waktu ia mendarat nampak burung-burung camar lain sudah berkumpul di Dewan pertemuan, sedang menunggu sesuatu. Tiba-tiba kata-kata ketua burung camar menggelegar, Burung Camar Jonathan Livingstone! Berdiri di tengah! Jonathan pikir, yang disuruh berdiri di tengah pasti hanya ada dua: Yang melakukan kesalahan besar atau patut menjadi pemimpin besar. Tiba-tiba suara ketua menggelegar lagi. Burung Camar Jonathan Livingstone! Berdiri di tengah karena suatu keaiban di hadapan kawan-kawan lain! Ia merasa terpukul oleh papan. Lututnya lemas, bulu-bulunya merinding, telinga berdengung. Apa? Keaiban? Tidak mungkin! Rekor baru itu? Mereka tak mengerti. Pasti mereka salah! Jonathan membatin.
…karena tidak memperhatikan aturan, suara tenang dalam hatinya, …melanggar kemuliaan dan adat istiadat keluarga burung camar! Ditempatkan di tengah karena keaiban berarti ia akan dicampakkan dari kelompoknya dan hidup sendirian di tebingtebing jauh dalam pembuangan. Satu hari nanti, burung camar Jonathan, kamu akan tahu bahwa melepaskan tanggung jawab adalah nista.

Hidup adalah ketidaktahuan dan ketidakmungkinan. Kita dilahirkan di dunia ini tidak lain adalah untuk cari makan, dan untuk bertahan hidup sedapat mungkin selama kita mampu.
Meski tak seekor pun burung camar yang berani membantah, Jonathan menentangnya dengan suara keras, Tidak bertanggung jawab? Siapa yang lebih bertanggung jawab daripada seekor burung camar yang telah menemukan suatu makna untuk tujuan hidup yang lebih tinggi? Seribu tahun lamanya kita telah mencabik-cabik kepala ikan, tapi sekarang kita punya satu alasan untuk hidup, untuk belajar, untuk menemukan dan untuk bebas! Beri saya satu kesempatan dan biarkan saya menunjukkan apa yang telah saya dapatkan… Persaudaraan kita telah terputus! teriak burung-burung camar itu bareng, lalu dengan menutup telinga meninggalkan Jonathan sendirian.

Jonathan menghabiskan hari-harinya dalam kesendirian. Terbang jauh melampaui tebing-tebing. Kesedihannya bukan karena kesepian dan kesunyian, tapi karena teman-temanya tidak mau mengakui kegemilanganya dalam terbang. Ia sedang menunggu kesadaran mereka untuk membuka mata dan melihat kenyataan. (Justru orang-orang maju, yang berkembang, melebihi teman-temannya, seringkali mengalami nasib malang, ia tidak dipahami malah disingkirkan, dibuang dari kumpulannya. Kumpulan tak mau mengakui keunggulan salah seorang anggota yang lebih baik. Mereka merasa terancam karena keunggulan salah satu warganya, walau itu hanya persepsi mereka saja).

Jonathan lebih banyak belajar lagi. Lebih lagi. Sampai ia menyadari apa yang pernah ia harapakan untuk kumpulan camarnya telah ada pada dirinya sendiri. Dia belajar untuk terbang dan tidak menyesal akan harga yang telah dibayarnya. Jonathan menemukan bahwa kejemuan, ketakutan dan kemarahan adalah sebab mengapa kehidupan mereka begitu pendek, dan dengan menghilangkan hal-hal tersebut dari pikirannya, ia dapat hidup lebih baik dan lebih lama.

Ketika Jonathan terbang sendirian, tiba-tiba muncul dua ekor burung camar lain yang memerhatikan dan mengikutinya terbang dengan beraneka gaya. Akhirnya kedua burung asing itu mengatakan, Sangat baik. Tetapi Jonathan bingung dan bertanya, “Siapakah Anda?”
“Kami dari kumpulanmu Jonathan. Kami adalah saudaramu”, katanya dengan tegas tetapi lembut.
“Kami datang untuk mengangkatmu, membawamu pulang.”
“Rumah saya tidak punya, kawan pun tidak. Saya adalah burung buangan.

Sekarang kita terbang pada puncak Great Mountain Wind. Di bawah ratusan kaki, saya tak dapat mengangkat tubuh tua ini lebih tinggi. Akhirnya mereka sepakat untuk mengangkat Jonathan sebagai pemimpinnya, dan Jonathan telah siap. (Ada seorang pemain bisbol. Setiap kali pertandingan ia ditempatkan sebagai pemain cadangan. Ia tidak pernah mengeluh. Bahkan terus menerus berlatih, tanpa mengurangi jadwalnya. Pada suatu momen pertandingan antarnegara, pemain utama berhalangan. Pemain cadangan itulah yang menggantikannya, karena ia telah siap. Kesempatan selalu mendatangi orang yang telah siap).

Jonathan merasa berada dalam surga. Ia merasa kemampuan terbangnya dua kali lipat daripada rekornya di bumi. Kenangan kehidupan di bumi sudah hilang. Bumi pernah merupakan suatu tempat di mana ia telah mempelajari banyak hal, tentu saja, tetapi perkara-perkara kecilnya telah hilang…. seperti saling berebut makanan dan menjadi camar buangan. 12 ekor burung camar datang menemuinya. Meski tak berkata sepatah pun, Jonathan merasa dirinya disambut, di sinilah rumahnya. Hari itu telah menjadi hari yang penuh arti baginya. Terbit dan tenggelamnya matahari tak diingat lagi. Di sini banyak hal tentang terbang dapat dipelajari. Ada satu perbedaan: Burung-burung camar di sini punya pemikiran seperti dia. Bagi mereka yang terpenting adalah hidupnya mencapai suatu kesempurnaan akan hal yang paling mereka sukai, yaitu terbang. Mereka adalah burung-burung hebat, luar biasa, yang menghabiskan setiap jam kehidupannya untuk
berlatih terbang, mencoba taktik-taktik yang lebih maju. Ketika dia tanyakan kepada teman barunya, Sullivan, ia mendapat jawaban, Satu-satunya jawaban adalah bahwa kamu adalah burung camar yang paling istimewa di antara jutaan burung lain. Sebagian besar dari kami sangat lambat dalam mencapai keberhasialn itu. Kami mengembara dari satu dunia ke dunia lain yang hampir sama, melupakan tempat asal kami dan tidak peduli akan masa depan, hidup hanya untuk saat itu. Tahukah kamu, berapa banyak kehidupan yang harus kami lalui sebelum kami mendapat gagasan bahwa hidup adalah lebih dari sekedar untuk makan dan merebut kekuasaan di dalam kumpulan kami? Seribu kehidupan, Jo, sepuluh ribu. Dan ratusan kehidupan lagi sampai kami mengetahui ujud suatu kesempurnaan. Ratusan kehidupan lagi untuk mendapatkan ilham bahwa tujuan hidup kami adalah mencari kesempurnaan dan menunjukkannya.

Suatu sore, Jonathan menemui Chiang, dan menanyakan tentang surga. Chiang menjawab, Surga bukanlah suatu tempat dan juga bukan waktu. Surga adalah kesempurnaan. Kamu akan mulai menyentuh surga, pada saat kamu mencapai suatu kecepatan sempurna. Kesempurnaan tidak mengenal batas. Jonathan menyaksikan camar tua yang masih gesit itu tiba-tiba menghilang dalam sekejap lalu muncul di tempat lain. Jonathan ingin belajar terbang seperti itu. Kamu dapat pergi ke mana saja dan kapan saja bila kamu mau. Saya sudah pergi ke setiap tempat setiap saat bila saya memikirkannya. Ini adalah hal yang asing. Burung-burung camar yang hanya mementingkan suatu pengembaraan tanpa menuntut kesempurnaan tak akan dapat pergi ke mana-mana dalam sekejap. Ingat Jo, surga bukanlah suatu tempat atau suatu kurun waktu, karena tempat dan kurun waktu terlalu tidak berarti. Surga adalah ….

Untuk dapat terbang secepat pikiran, ke mana saja, kamu harus memulai dengan mengetahui bahwa kamu sudah tiba. Lalu Chiang pergi menghilang. Sebelumnya ia meninggalkan pesan bahwa Jonathan harus terus belajar dan bekerja dalam kasih. Jonathan ingin membagi pengalamannya dan kemahirannya kepada burung-burung camar di bumi, yang pernah membuangnya.
Sullivan, temannya, menasehati agar ia tidak usah kembali ke kumpulannya, tetapi melatih saja di tempat yang baru.

Untuk beberapa bulan lamanya Jonathan mengikuti nasehat Sullivan, sampai ia mendapatkan murid-murid baru yang diajarkannya terbang. Setelah mereka mahir, mereka diajak untuk kembali pulang ke kampung halaman Jonathan dan membagi pengalaman mereka. Meski ada rasa cemas, dan melanggar peraturan ribuan tahun, namun toh Jonathan berangkat juga ke kampung halaman.

(Jarang sekali orang yang sudah sukses mau kembali ke kampung halaman untuk memajukan teman-teman dan saudara-saudaranya. Yang sering terjadi, mereka lupa kan kampung halamannya. Hal ini tidak berlaku bagi Jonathan).

Seluruh tubuh Anda, dari ujung sayap ke ujung sayap lainnya, tidak lebih dari pikiran Anda sendiri, dalam bentuk yang dapat Anda lihat. Patahkan rantai pikiran Anda, dan Anda akan mematahkan rantai yang membelenggu tubuh anda….

Jonathan mengajak kawan-kawan dari kumpulan terbuang, untuk kembali ke kampung halamannya. Meski ada perasaaan ragu dan cemas, apalagi dengan adanya peraturan, bahwa mereka yang telah dibuang tidak boleh kembalilagi, toh mereka berangkat juga. Ketika mereka terbang dengan formasi indah, ribuan burung camar di bumi memerhatikan mereka. Saat mereka
mendarat, apa yang dikhawirkan Fletcher akan terjadi pertempuran, tidak terbukti. Bahkan meski mereka menyadari bahwa kumpulan kecil itu adalah burung camar buangan, tapi mereka mengagumi kemahiran terbang mereka. Tetapi, sang Ketua setelah sekian lama diam, berteriak,

“Abaikan mereka! Barang siapa bicara dengan camar terbuang”, iapun ikut terbuang. Burung-burung buangan itu pun melakukan latihan terbang setiap hari, sampai akhirnya setelah satu bulan, setiap saat Jonathan memberikan instruksi kepada murid-muridnya dalam suatu lingkaran, ada lingkaran lain mengelilingi murid-murid Jonathan.

Malam berikutnya Kirk Maynard, dari kumpulan berjalan terhuyung, menyebarnagi pasir, menyeret sayap kiri dan jatuh di kaki Jonathan.
“Tolong saya. Saya ingin terbang lebih dari segala-galanya”, katanya mengiba pada Jonathan.
“Mari, loncatlah dari tanah bersama saya dan kita mulai!”
” Anda tidak mengerti! Sayap saya, saya tidak bisa mengembangkan sayap saya…”
” Burung camar Maynard, Anda mempunyai kebebasan menjadi diri anda sendiri, di sini, sekarang juga. Tak sesuatu pun yang dapat menghalangi anda. Ini undang-undang Camar Agung, itulah peraturannya.”
“Anda katakan, saya dapat terbang?”
“Saya katakan, Anda bebas!”

Dengan cepat dan mudah Kirk Maynard membentangkan sayap, mengangkat tubuh ke dalam udara malam gelap gulita dengan tidak bersusah payah. Tiba-tiba ia menjerit sehingga membangunkan camar-camar lain dari tidurnya, “Saya bisa terbang! Dengar… SAYA BISA TERBANG! Pagi harinya, burung-burung camar lainnya ingin mengikuti jejak Maynard. Mereka banyak bertanya kepada Jonathan, dan dengan sabar Jonathan menjelaskannya.Kita semua sama. Apakah kami semua yang terbuang ini istimewa, berbakat dan sangat baik? Tidak. Tidak lebih dari Anda sekalian, sama seperti saya juga. Bedanya yang utama, mereka ini telah memulai memahami siapa diri mereka dan telah memulai berlatih..

(Di pojok sebuah jalan, dekat pasar dan sekolah, ada seorang penjual balon. Untuk menarik pembeli ia melepaskan balon warna-warni ke udara sambil memutar musik keras-keras. Satu saat ada seorang bocah kucel, dengan wajah takut-takut datang dan bertanya dengan ragu, Paman, kalau balon itu berwarna hitam, apakah dia juga bisa terbang? Terharu oleh pertanyaan sang bocah, paman penjual balon itu langsung memeluk anak kecil itu dan berkata, “Nak, bukan karena warnanya, balon itu bisa terbang, tetapi karena isi yang ada di dalamnya! Bukan karena kekayaan, kecantikan, keturunan atau yang lainnya, yang membuat orang bisa sukses, tetapi apa yang ada di dalam hatinya, dalam jiwanya, semangatnya, hasratnya untuk sukses)

Ketika Fletcher sedang berlatih terbang sendiri, tiba-tiba ada seekor burung camar kecil yang terbang lewat jalurnya. Tabrakan tak terhindarkan, dengan cepat Fletcher membelokkan tubuh, dan tiba-tiba… brak! Fletcher menabrak batu karang. Antara sadar dan tidak, ia pun melayang-layang di udara, sampai Jonathan mendekatinya. Ia merasa sudah mati, tapi Jo menghiburnya. Setelah sadar benar, ia mengatakan kepada Jonathan, Bagaimana mungkin dapat mengasihi kumpulan burung yang telah mencoba membunuh mereka. Tapi, Jonathan mengatakan, Anda harus berlatih dan melihat burung camar sejati, kebaikan dalam diri mereka dan menolong mereka untuk mengetahuinya sendiri. Itulah kasih sayang, sangat menyenangkan bila kita dapat melakukannya”.

Akhirnya, Jonathan menyadari bahwa ia harus pergi ke tempat lain, untuk itu ia telah siap menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Fletcher, penggantinya.

(Sebagai seorang pemimpin yang baik, setelah memberikan teladan yang baik, ia pun rela jika yang dipimpinnya maju dan berkembang. Dan pada saatnya, ia rela lengser, menyerahkan kursi kepemimpinan kepada penggantinya).

Galery gambar burung camar:






No comments:

Post a Comment