5 cara untuk sharing foto di twitter
5 Ways to Share Images on Twitter

Twitter, mikroblogging, yang sekarang lagi booming nih, mungkin saja nanti twitter dipilih orang sebagai cara terbaik untuk sharing berbagai content. Mulai dari gosip selebriti sampai keluhan pelanggan , mulai dari link posting blog sampai berita, Twitter adalah sebuah platform yang luar biasa untuk sharing berbagai informasi singkat yang bersifat penting maupun biasa. Tapi, berapa banyak "kata" yang kita tulis agar pas atau tepat menjadi 140 karakter tweet? Jika Anda bisa memasukkan gambar, jawabannya akan minimal seribu, kan?

Sayangnya, Twitter tidak memiliki fitur mandiri(built-in way) untuk melampirkan gambar ke 140 karakter, jadi langkah lain ditempuh dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3 untuk menambah tampilan visual di twitter kita.



Ada banyak cara untuk sharing gambar di Twitter, tapi hanya 5 disini yang dibahas.
1. Via a Twitter Image Sharing Service


Karena Twitter tidak langsung mendukung attachment gambar, sejumlah besar layanan pihak ketiga bermunculan untuk mengisi kebutuhan tersebut. Ada banyak ini, dan tampaknya baru muncul hampir setiap hari. Berikut adalah enam dari yang terbaik.

Twitpic : Twitpic adalah Image Sharing Service paling populer dan terbesar di Twitter, kepopuleran ini sebagian berasal dari peristiwa pada Januari ketika gambar pertama dari kecelakaan pesawat Sungai Hudson dibagikan di situs. Twitpic juga memiliki beberapa user kalangan selebritis populer, seperti Grant Imahara dari Mythbusters.

TweetPhoto : Pesaing Twitpic pasti akan muncul dan tambah banyak,bersaing meningkatkan servis terhadap sharing foto Twitter, tapi TweetPhoto menawarkan jumlah fitur menarik, seperti statistik, geo-tagging, favoriting, dan integrasi Facebook, yang membuatnya menjadi pesaing yang layak .

Pikchur : Sebuah aplikasi multi platform, Pikchur memungkinkan pengguna berbagi gambar secara otomatis dalam beberapa tempat, termasuk Twitter, Facebook, Friendfeed, Tumblr, dan Flickr. Mendaftar adalah opsional, artinya Anda bisa memulai dengan sangat cepat.

Twitgoo : Layaknya tampilan dan nuansa Twitter, Twitgoo bertanya pada para penggunanya, "Apa yang kau lihat?" Tampilan itu menyatu dalam beberapa aplikasi pihak ketiga, termasuk favorit seperti Tweetie untuk Mac dan TwitterBerry.

yfrog : Karena yfrog berasal dari orang-orang di belakang ImageShack, Anda mengira pasti yfrog itu akan sangat sederhana dengan tujuan utama seperti yang dipikirkan. Upload, log in, share — itu saja, tapi itu yang Anda butuhkan,bukan?

Picktor : Seperti Pikchur, Picktor membantu users lebih mudah berbagi foto di multiple social sites.

2. Via SMS or Email Via SMS atau Email



Berbagi foto melalui layanan pihak ketiga memang bagus, tapi bagaimana dengan pengguna yang ingin mengirim update ke Twitter melalui pesan SMS atau email? Untungnya, mereka juga mewujudkan keinginan Anda.

Mobypicture : Mobypicture's Twitter image sharing service merupakan salah satu yang paling mudah dan mungkin metode yang paling bagus untuk mengupload gambar di Twitter. Yang perlu Anda lakukan adalah mengirim email atau pesan MMS berisi foto, judul (subjek) dan body teks opsional ke alamat twituser.twitpass@mobypicture.com, dimana 'twituser' dan 'twitpass' adalah username Twitter Anda. Mobypicture kemudian mengirimkan tweet Anda untuk Anda, tidak perlu mendaftar. Anda harus menilai sendiri seberapa aman untuk mengirim email username dan password Twitter ke layanan pihak ketiga.

Twitxr : Twitxr memiliki end-to-end mobile photo sharing yang tertutup, dengan aplikasi bawaan untuk iPhone, Windows Mobile dan PocketPC, Nokia dan ponsel Motorola, situs mobile dan mendukung untuk email posting. Situs ini mendukung posting ke Facebook, Picasa, dan Flickr, selain posting foto ke Twitter.

Posterous: layanan blogging berbasis email, Posterous baru-baru ini tercatat di blog sendiri yang API-nya dapat digunakan untuk meng-upload foto ke Posterous hanya menggunakan akun Twitter. Essentially, users can email photos to Posterous, which are then automatically posted to Twitter (and Facebook) in addition to being added to their Posterous blog site. Pada dasarnya, pengguna dapat mengirim email foto ke Posterous, yang kemudian secara otomatis diposting ke Twitter (dan Facebook), dan juga ditambahkan ke situs blog Posterous mereka.

3. Via Brightkite or FriendFeed
Baik Brightkite dan Friendfeed adalah mikro-messaging yang berguna di kalangan mereka. Kedua layanan tersebut sangat menyatu dengan Twitter, dan karena mendukung layanan berbagi foto, pengguna setiap situs dapat mengirim gambar kembali ke mereka stream Twitter.



Brightkite: To share images on Brightkite, navigate to the ‘Sharing’ tab of the ‘Account Settings’ page. Enter your Twitter username and password and make sure ‘When I post a photo.’ is checked. Now any time you post a photo via Brightkite, it will be copied back to Twitter using a shortened URL (bkite.com). This is especially handy for iPhone users, since Brightkite’s native iPhone app has support for taking and sharing photos within the application.



Friendfeed: A very large portion of Friendfeed’s content is pulled in via Twitter, which is unsurprising given just how popular Twitter is and the nature of its service (which encourages the creation of a lot of small bits of content). But text, links, and images shared on Friendfeed directly can also be copied back to Twitter. Just make sure you check the “Cc: Twitter,” box. If you add a photo, it will be shared via a shortened URL (ff.im).

4. Via Skitch
Skitch is different from the other sites mentioned in this post in that it isn’t specifically made for Twitter. Rather, Skitch is a Mac-native image editing client that uniquely has sharing directly built in. Once you’re done editing a photo, you can click the ‘Webpost’ button to automatically upload it to the Internet, and then you can share the image via the provided link.

5. Via an Encoded Tweet


This one is a bit theoretical, but pretty cool. Recently, Flickr user Quasimondo posted the results of a competition to write an image encoder/decoder that could pack up an image inside a single tweet. Not a link to a picture, as is the case in every other service mentioned in this post, but the actual data that makes up the image.

Quasimondo used Chinese characters for his encoder since UTF-8 encoding let him send 210 bytes of data in the 140 characters allowed per tweet. He goes into a good deal of detail about the technical aspects of how he’s doing the encoding and compressing the data in his Flickr stream, but the actual visual results of his experiment are rather impressive.

It would make a lot of sense for Twitter to build image sharing functionality into the Twitter web and mobile interfaces natively. It’s unlikely they’ll actually host any images (Twitter has always outsourced URL shortening, after all, first to TinyURL and more recently to Bit.ly), but we wouldn’t be surprised if Twitter someday added thumbnail preview functionality for shared image links.

In the meantime, though, there are a ton of options for sharing images on Twitter, including many not mentioned here. Which is your preferred method?

Source: http://mashable.com/2009/05/19/twitter-share-images/

2 comments: